Selasa, 21 Januari 2014

Cerita Mereka tentang Beasiswa Luar Negeri

Setelah satu semester jadi mahasiswa, aku bertemu dengan banyak dosen. Menurutku, mereka ini adalah orang-orang yang hidup dengan passionnya, sekali lagi ini menurutku lho :p. Dari caranya bercerita ataupun mengajar, keliatan kalo mereka bener-bener cinta dengan bidang yang mereka geluti. Mereka juga kebanyakan lulusan luar negeri semua dan itu bikin ngiler..
Bulan lalu, aku ikutan seminar GLOBE. Jadi, isinya itu tentang pengalaman sekolah di luar negeri, gimana susah senangnya kuliah disana, dan cara-cara dapetin beasiswa. Pembicaranya alumni UB yang sekaligus juga dosen UB. Aku lupa namanya siapa aja, anggap aja dosen A, dosen B, dosen C, dan dosen D. hehehehehe

Aku ceritain satu-satu nih yahh. Disimak baik-baik lho. Awas..


Dosen A:
Beliau ini dosen fisika. Waktu kecil, beliau termasuk anak kurang mampu. Katanya sih kehidupannya dulu itu susah banget. Kuliahnya sambil jualan. Tapi beliau ini rajin banget hunting beasiswa luar negeri. Jadi ceritanya, dia daftar beasiswa luar negeri. Kandidat dari UB yang diambil cuma dua orang. Nah, kebetulan dia salah satunya. Tapi itu masih awal perjuangan lho. Setelah itu, beliau masih harus ikut serangkaian tes yang diadakan si pemberi beasiswa. Tesnya juga bejibun banyaknya. Dari ribuan orang disaring, akhirnya bapak ini diterima buat kuliah di Jepang waah. Terus sekarang udah sukses, sering di undang ke luar negeri  buat penelitian dan lain-lainnya. Waaahh pengeeeen..
Dosen B:
Kalo yang ini dosen kimia. Kalo di liat-liat bapak ini termasuk orang-orang yang rajin shalat, diliat dari jidatnya yang item muehehe. Cara dapetin beasiswa versi bapak ini adalah person to person. Jadi, beliau ini ngirim email ke salah satu profesor di Jepang yang isinya tentang permintaan beasiswa. And you know apa yang terjadi kemudian? Si profesor langsung ngehubungi bapak ini. Katanya, dia siap ngasih beasiswa dan nyetujuin buat ngebiayain seluruh biaya hidup + transport + kuliah + penelitian + lain-lainnya. Terus si profesor minta bapak ini cepat berangkat ke Jepang. Ajegileeee, mau dooonggg Ya Allah..
Padahal beliau gak tau sama sekali lho bahasa jepang. Bahasa inggrisnya pun ya biasa-biasa aja katanya. Terus pas nyampe di jepang, beliau dijemput langsung sama profesornya di bandara. Waktu beliau bilang kalo gak bisa bahasa jepang sama sekali, si profesor langsung nyuruh bawahannya buat ngelesin bapak ini bahasa jepang. Duuh, baik banget profesornyaaa

Dosen C:
Bapak ini adalah dosen matematika. Sejak S1 sampe S3, beliau kuliah di Belanda. Tentu aja pake beasiswa jugaa. Beliau juga profesor pertama di fakultas mipa lhoo woooh hebat beneer. Aku kurang tau gimana perjuangan beliau buat dapetin beasiswa itu soalnya bapak ini gak banyak cerita hihi

Dosen D:
Kalo yang ini dosen biologi. Beliau ini masih enerjik banget padahal udah tua. Pakaiannya sederhana, pake peci, jidatnya item banget (tanda-tanda rajin shalat yak? :p). Kalo beliau ini beda dari yang lain. Beliau ini gak punya master. Dari S1 langsung lanjut S3, jadi gak pake sekolah S2. Mungkin saking pinternya, langsung ditawarin S3. Kayaknya beliau juga cintaaa banget sama biologi. Katanya, beliau itu suka banget merenung. Misalnya, pas ngeliat daun, pasti di otaknya muncul macem-macem pertanyaan, "kenapa bentuknya bisa seperti itu?" dan blablabla. Beliau juga katanya sering lupa waktu kalo lagi ngerjain sesuatu yan berhubungan dengan bidangnya. Katanya pernah gak nyadar tiba-tiba udah masuk waktu subuh aja. Duuh seneng banget ya kalo udah nemuin passionnya kayak gitu. Kalo kata Jamil Azzaini, orang yang bekerja dengan passion, seperti menjalankan hobi yang dibayar. Keren kan? jadi kita serasa gak bekerja.
Kalo ditanya rahasia biar dapet beasiswa ke luar negeri, kata mereka adalah karena Allah dan restu dari orang tua. Pastinya jugak kerja keras dan rajin-rajin hunting beasiswa. Keempat dosen itu dapet beasiswa dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang ikut macem-macem tes, ada yang gak pake tes langsung berangkat, ada yang dari S1 langsung cuusss S3. Skenario Allah emang beda-beda untuk tiap hamba-Nya dan itu pasti keren..


Ya Allah kalo skenario buat hamba-Mu yang satu ini gimana? Boleh nggak kuliah di luar negeri kayak mereka?

6 komentar:

  1. dekati Tuhanmu, dia akan mencukupkan kebutuhanmu. Menurutku orang yang dapet beasiswa bukan cuma pintar dan pekerja keras, tapi mereka juga berdoa terus menerus dan mendekat padaNya.

    BalasHapus
  2. keren" ya, semoga mimpi kita kesampean ya sekolah di LN hehe

    BalasHapus
  3. nyari info beasiswa ternyata nyasar k blog ini,, bwahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha ya ampuun xD
      yaudah selamat membaca deh haha :D

      Hapus

Ayo jangan malu-malu untuk berkomentar