Selasa, 21 Januari 2014

Bahasa Jawa.. Oh.. Bahasa Jawa...

Sejak SMA aku hijrah dari Sumenep ke Malang. Otomatis aku pun harus beradaptasi dengan keadaan di Malang, salah satunya adalah bahasanya. Bisa sih dikit-dikit, tapi kebanyakan kagak bisanya wkwk

Waktu baru masuk-masuk masa SMA dikelas 10, aku ngerasa kalo aku itu makhluk asing yang terdampar di sekolah ini. Aku ga ngerti mereka ngomong apa, secara kan mereka ngomongnya pake bahasa jawa. Dan yang bikin shock lagi ternyata di sekolahku itu masih ada pelajaran bahasa jawanya! APAAH?! Oh Kamvreto..
Bayangin aja selama dua jam pelajaran bahasa jawa, gurunya ngoceh kesana kemari, udah ngomong panjang kali lebar kali tinggi, tapi aku ga ngerti apa yang dia omongin. Yang bisa aku lakuin saat itu
cuma duduk manis, bengong ngeliatin muka gurunya. Terus kalo temen-temen sekelas tiba-tiba ketawa, aku ikutan ketawa aja walaupun ga ngerti mereka ngetawain apa wkwkw parah!
 Kebetulan tempat dudukku pas di depan meja guru. Waktu bel istirahat bunyi, pelajaran bahasa jawa selesai, aku dan temen-temenku masih leha-leha duduk sambil nungguin gurunya keluar duluan. Dan ternyata, guruku itu malah ngajak kami ngobrol *huaa alamat ga bisa istirahat nih :|*. Parahnya, aku cuma bisa nangkep dikit-dikit apa yang diomongin beliau. Intinya beliau nasehati supaya kita sebagai perempuan itu harus hati-hati soalnya sekarang banyak kejahatan. Respon kami cuma "oh", "hmm", "hehe". Dan seperti yang diduga, aku ga istirahat dan ga jajan -__________- mamaah lapeeeer
Tiap kali ada PR bahasa jawa, aku selalu dibantuin sama Ana, temenku yang baiknya ga abis-abis *pliss jangan ke-GR-an an :p*. Apalagi dulu pernah disuruh bikin nasehat dalam bentuk puisi gitu. Tau darimana ngerjain begituan kalo ga di bantu sama Ana huehehe. Tapi ga semua aku ga bisa dong. Salah satu materi yang paling aku suka adalah aksara jawa. Kalo di Madura namanya carakan. Sama persis dah materinya. Cuma beda nama dan pengucapan doang. Kalo di Madura dibacanya hanacaraka, sedangkan di jawa jadi honocoroko. Dan voilaaaa: ulangan bahasa jawaku dapat nila 90 untuk materi aksara jawa. Maklum, dari SD kan paling jago yang begituan huehe..

Selain itu aku juga suka bab di semester-semester akhir, soalnya kerjaanya cuma nyanyiin tembang "Wasita Rini" yang di ciptain sama Nyi Hajar Dewantara. Isinya kalo ga salah nasehat untuk para perempuan. Lagunya enak banget, aku suka sama nadanya.
Setiap kali UTS ataupun UAS, yang aku kerjakan duluan pasti soal aksara jawa. Untuk soal yang lainnya, ngejawabnya pake feeling atau perasaan, eh pake nalar juga wkwk. Herannya, nilai UTS/UAS aku ga jelek-jelek amat tuh. Terus nilai bahasa jawaku di raport dapat 8. Alhamdulillaah... lalalaaa~
Tapi sekarang udah tau dan ngerti dong kalo orang-orang ngomong pake bahasa jawa, kan udah tiga tahun lebih tinggal di Malang. Kalo tetep gatau berarti minta di timpuk sendal. Cuma aku belum paham bahasa halusnya huehehe. Btw, sebenernya kita sebagai generasi muda harus tau dan bisa melestarikan budaya kita sendiri lho. Aku punya temen yang dari kecil sudah tinggal di Jawa, pas ditanya ternyata dia ga terlalu tau bahasa jawa. Nah loh, gimana coba? Kalo generasi mudanya udah ga tertarik dan masa bodoh begini gimana caranya melestarikan. Ntar kalo udah di comot negara lain, baru deh mencak-mencak ga terima. Baru-baru ini, batik sudah diakui sama negara tetangga yang di sonoh tuh. Dulu pada ga mau pake batik soalnya dikira kampungan, old fashion, dll. Tapi setelah di akui negara lain gitu, baru deh pake batik kemana-mana, dibikin batik modern, diadain hari batik.

So, ga perlu nunggu diambil negara lain dulu kan untuk melestarikan budaya sendiri?

14 komentar:

  1. wew seru ceritanya, jadi pengen bljr bahasa Jawa, hehehehe...
    Salam kenal dari Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.. Makasih sudah sempetin baca hehe :)

      Hapus
  2. aku dari sulsel dan merantau kuliah di malang, sudah 6 bulan di malang tapi belum bisa bahasa jawa :D

    http://bloggustian.blogspot.com/ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih 6 bulan kan? Makluum. Tenang aja, nanti tau-tau sendiri kok.
      Makasih sudah membaca :))

      Hapus
  3. ini kayak, ibaratnya kayak rendang yang biasa aja malah jadi luar biasa setelah negara lain mengklaim yah. :))

    BalasHapus
  4. Gue dong, bhs & nulis Jawa-nya udah cihuy, biarpun gue orang Jawa. Ya pokoknya gitu deh.

    BalasHapus
  5. bahasa jawa? Ngerti sih dikit2, maklum gue gapernah tinggal di jawa. Btw, gue jg orang madura tp skrg tinggal di jakarta. Salam kenal ya shita.

    BalasHapus
  6. hehehe.. basa jawa ya Tuhan..
    aku cuma bersyukur di SMA gaada basa jawa..
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada atau ga ada, bahasa jawa kamu udah pinter lia haha. Btw, makasih udah sempetin bacaa :D

      Hapus

Ayo jangan malu-malu untuk berkomentar