Minggu, 29 Desember 2013

One Day One Juz?

ODOJ atau One Day One Juz adalah program membaca AlQuran sebanyak satu juz dalam satu hari. Aku denger istilah ini dari twitter, terutama dari akun-akun islami. Tapi sering aku abaikan karena ngerasa ga tertarik dengan program itu. Satu hari satu juz? Bodohnya aku, aku udah berpikir ga bisa duluan. Baca AlQuran aja masih jarang-jarang, gimana bisa satu juz dalam sehari? Jadi program ODOJ itu ga terlalu aku perhatikan, walaupun setiap hari bersliweran di timeline.

Baru-baru ini, aku juga sering baca blognya kak dhira. Menurutku, isi blognya bener-bener menginspirasi dan juga mengajariku banyak hal. Di postingannya yang terakhir, dia ngebahas tentang ODOJ. Bisa dibaca disini [http://nadhira-arini.blogspot.de/2013/12/ayo-di-mulai-dari-sekarang.html]. Sekalian baca yang ini juga [http://jamilazzaini.com/one-day-one-juz/], kalo ini yang nulis adalah Jamil Azzaini.

Usai baca itu, aku ngerasa maluu banget. Malu sama Allah. Malu sama Rasulullah. Aku bisa nonton
drama/film berjam-jam, main twitter, baca buku/novel beratus-ratus halaman, duduk di depan TV betah berjam-jam, tapi baca surat cinta-Nya saja ga bisa? Satu juz aja lho, cuma 10 halaman, kira-kira satu jam. Aku ngerasa ga tau diri banget. Minta ini, minta itu sama Allah. Tapi nyempetin baca AlQuran aja ga bisa. Astagfirullah..

Padahal Allah udah ngasih kode lewat twitter, "Sitha, itu ada program bagus buat kamu. Kamu harus ikut, biar kamu selalu dekat denganKu, biar kamu selalu mengingatKu". Tapi akunya ga peka :( Mungkin Allah ngingetin aku (lagi) lewat tulisannya kak dhira dan Jamil Azzaini. Ya Allah, maafin yaaah :(
Mulai sekarang aku memutuskan untuk ikutan program ODOJ. Aku bakalan nyempetin baca se-juz, buat Allah, cuma buat Allahku sayang. Walaupun sibuk, aku sempatkan, aku sempatkan baca surat cinta dari-Mu. Karena aku tau, Allah sayang banget sama aku. Buktinya, Dia sering banget ngingetin aku. Semoga bisa istiqomah ngejalaninnya. Pernah denger kan, "bisa karena terbiasa, terbiasa karena dipaksa" 

Kalo kata kak dhira nih, jangan biarkan Al Quran kalian tergolek begitu saja penuh debu. Baca Al-Qurannya, pahami artinya, hafalkan sedikit demi sedikit surat-suratnya. Biar hidup kalian penuh berkah yang berlimpah dari Allah SWT :) AYO, Jadikan hidup kalian lebih baik mulai dari sekaraangg :D SEMANGAT YAAA!! 

One Day One Juz? Bismillah.. :D



6 komentar:

  1. iya iya kak, terlalu terlalaikan dg mudharat dunia saya. Suka meminta pada ilahi tapi pengabdian diri gak ada :(

    BalasHapus
  2. Semoga ODOJ nya bisa istiqomah.
    Mudah2an keinginan buat nulis rutinnya juga bisa terwujud di 2014...amin

    BalasHapus
  3. Jika sendainya saja Quran punya rasa "cemburu", maka dia bakal cemburu banget sama android, laptop, tab, gitar, console dan lain lain :)
    Good post! keep istiqamah!
    (Gempar Aditya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih :) iya, siang malem kita mainin gadget terus, tapi baca AlQuran jarang-jarang #plaakk
      eh btw, komentarmu ini hampir mirip sama tulisannya jamil azzaini yang judulnya 'surat imajiner' lho :o

      Hapus

Ayo jangan malu-malu untuk berkomentar