Minggu, 28 Oktober 2012

Ada Gas Mulia, nih !

Kali ini saya akan membahas mengenai gas mulia atau dalam bahasa inggrisnya yaitu Noble Gases (wah keren ya). Kenapa harus gas mulia ? Karena saya suka sama unsur gas mulia (Jangan tanya kenapa saya suka).

Oke teman-teman, kalian pasti udah kenal sama yang namanya Gas Mulia, yang terletak di golongan VIII-A itu lhoo. Unsur-unsurnya yaitu, Helium (He), Neon (Ne), Argon (Ar), Kripton (Kr), Xenon (Xe), dan Radon (Rn). Mereka disebut gas mulia karena semua unsurnya berupa gas (ya iyalah !) yang sangat stabil, sehingga sangat sukar bereaksi dengan unsur lain.

Gas mulia dulu juga disebut golongan nol (entah kenapa saya juga tidak tahu). Unsur gas mulia terdapat dialam sebagai gas monoatomik, karena kulit terluarnya yang sudah terisi penuh. Hal ini menjadikan unsurnya tidak reaktif. Tapi Kr, Xe, dan Rn ternyata dapat "dipaksa" bereaksi dengan beberapa unsur, namun untuk He, Ne, dan Ar hingga sekarang belum berhasil direaksikan.

Gas mulia konfigurasinya oktet, afinitas elektronnya sangat rendah, titik leleh dan didihnya juga rendah. ← Itu semua sifat fisis dari gas mulia.

Sedangkan untuk sifat kimianya → makin ke bawah makin reaktif, unsurnya tak reaktif karena stabil, gas mulia sifatnya monoatomik.

Tabung ini berisi gar mulia. Dari kiri ke kanan, He, Ne, Ar, Kr, Xe. Keren banget yaa :D




Nah, sekarang saya mau jelasin nih satu persatu unsurnya. Cekidot..

HELIUM
Gas helium itu unsur yang tak berwarna, tak berasa, tak berbau, ataupun beracun. Tau gak sih kalian, helium itu satu-satunya unsur di dalam gas mulia yang konfigurasinya duplet lho ! Biasanya gas helium digunakan untuk mengisi balon udara. Sekarang kalian jadi tahu kan, ternyata bahan bakar balon udara itu adalah gas helium.

NEON
Neon berguna sebagai zat pendingin, nirmagnetik, tak berwarna, juga inert. Biasanya neon digunakan sebagai indikator tegangan tinggi, penangkap kilat, tabung wave meter, dan tabung televisi.

ARGON
Digunakan untuk mengisi bohlam lampu pijar, pembuatan silikon. Argon hampir tak bereaksi kimia. membentuk 1 % atmosfer bumi.

KRIPTON
Digunakan sebagai lampu fluorensensi. Kripton juga berguna untuk fotografi, yaitu sebagai lampu kilat.

XENON
Xenon ternyata bisa digunakan untuk membuat tabung elektron. Kalian tau gak apa itu tabung elektron ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tabung elektrnn itu adalah komponen elektronik yang terdiri atas tabung hampa yang dilengkapi elektroda atau ion.

RADON
Yang terakhir nih yaa, kita menuju ke radon. Radon berguna sebagai terapi kanker, karena mengandung bahan radioaktif berbahaya. Radon juga gas yang berbahaya bagi kesehatan lhoo ! Waahhhh....

Gimana ? nambah ilmu kan teman-teman :)


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Gas_mulia
http://www.scribd.com/doc/53665657/Definisi-Gas-Mulia
http://www.chem-is-try.org/tabel_periodik/neon/
http://www.kamusbesar.com/58124/tabung-elektron

1 komentar:

  1. i always hate that studies, idk why. tapi postnya bermanfaat.
    follow my blog ya http://formybelovedshadow.blogspot.com/ thanks before

    BalasHapus

Ayo jangan malu-malu untuk berkomentar